• Foto Bersama Kepala BP4K Dengan Pengurus Serta anggota Pokdakan Tolutug Mandiri kelurahan Gogagoman
  • kunjungan kepala bp4k dan kepala bidang dari dinas perikanan kota kotamobagu ke kolam ikan milik pokdakan tolutug mandiri kota kotamobagu .
  • pengukuhan pengurus dan rapat paripurna anggaran rumah tangga (ad-art) pokdakan tolutug mandiri kelurahan gogagoman.
  • pertemuan kelompok pokdakan tolutug mandiri dengan para penyuluh ( ppl )dari bp4k dan dinas perikanan kota kotamobagu
  • sejarah berdirinya dan dibentuknya pokdakan tolutug mandiri
  • pemeliharaan rutin kolam dan saluran air pokdakan tolutug mandiri tampak bapak ruslan dotulong.st dan bapak moh.hasbi umbola.se pembina pokdakan tolutug mandiri
  • pokdakan tolutug mandiri melakukan kerja bakti bersama membuat saluran air untuk kolam ikan
  • kolam - kolam pembesaran ikan nila gesit dan bawal air tawar pokdakan tolutug mandiri
  • bapak moh.hasbi umbola.se pembina pokdakan tolutug mandiri dan bapak guntur kurniawan.st sekretaris pokdakan sedang bersantai di kolam ikan pokdakan tolutug mandiri
  • kolam penampungan bibit ikan nila gesit dan bawal
  • rapat pengurus dan anggota pokdakan tolutug mandiri kelurahan gogagoman kota kotamobagu
  • struktur organisasi perikanan pokdakan tolutug mandiri kelurahan gogagoman kota kotamobagu

Minggu, 30 Desember 2012

Ikan Nila Sultana, Varietas Nila Unggulan Terbaru

Ikan Nila Sultana, Varietas Nila Unggulan Terbaru

BBPBAT Sukabumi telah memperkenalkan varietas Nila unggul berjuluk Nila Sultana. Varietas Nila Sultana ini merupakan hasil penelitian selama hampir 5 tahun.
“Ikan yang diberi nama Sultana merupakan singkatan dari seleksi unggul Selabintana, karena seluruh penelitian dan menghasilkan ikan nila varietas baru ini dilakukan di Selabintana, Sukabumi,” kata Kepala BBPBAT Sukabumi Abduh Nurhidajat.

Ikan nila Sultana merupakan perkawinan silang dari 10 “strain” ikan nila yang ada di Indonesia, di mana hasilnya sangat memuaskan. Menurut Abduh, ikan nila Sultana tumbuh lebih cepat 10-15 persen dibandingkan dengan ikan nila lainnya.
Keunggulan lain dari ikan nila Sultana adalah tahan dari berbagai penyakit dan cepat menyesuaikan diri di alam barunya.
“Setelah dilakukan penelitian kemudian kami mengajukan hasil penelitian ini ke tim seleksi penilaian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta. Setelah itu diserahkan ke dewan pakar budi daya dan hasilnya lulus tes genetik dan lain-lain” jelasnya.
Dalam pembesaran ikan nila Sultana ini, kata dia, sangat cocok dibudidayakan monoseks, yang tujuannya agar kandungan gizi dari pakan yang diberikan terserap seutuhnya kepada tubuh ikan tersebut, karena tidak digunakan untuk kawin.
Selain itu, menurut Abduh, ikan nila ini sangat cocok disilangkan dengan ikan nila gesit.
“Hasilnya dari perkawinan tersebut menghasilkan benih ikan yang sangat baik dan pertumbuhannya lebih cepat sampai 40 persen, biasanya ikan nila di panen pada size 4 atau 1 kg berisi empat ikan nila selama tiga bulan, tetapi Nila Sultana untuk mencapai bobot tubuh tersebut hanya di bawah tiga bulan,” katanya.
Ditambahkannya, saat ini ikan nila Sultana sudah dikembangkan di tiga daerah yakni di Sumatera Selatan, Malang dan Subang.
“Hasil panen Nila Sultana ternyata di tiga daerah yang berbeda kondisi alam dan air sangat memuaskan dan ‘survival rate’ mencapai 80 persen lebih,” katanya.
Ref : budidaya-ikan.com/ikan-nila-sultana-varietas-nila-unggulan-terbaru-dari-bbpbat-sukabum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar